Usman, Rifka (2022) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabe di SMAN 10 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1600.009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

SPLDV merupakan materi pembelajaran matematika wajib pada kelas X. Masalah yang sering dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal SPLDV adalah menetukan variabel, mengubah kedalam model matematika serta prosedur penyelesaian yang harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dan faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berupa pernyataan yang tertulis maupun lisan dari siswa yang diamati. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dikemukakan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik terdiri dari dua jenis pemahaman, yaitu pemahaman instrumental dan pemahaman relasional. Faktor internal meliputi minat belajar peserta didik pada pembelajaran matematika, kurangnya motivasi belajar serta sikap peserta didik terhadap belajar. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga dan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep, SPLDV.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 26 Aug 2022 05:04
Last Modified: 26 Aug 2022 05:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item View Item