Cahyani, Ainun Dwi (2022) Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 8 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full text)
17.1600.033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1).Kemampuan peserta didik dalam hal menyajikan dan menuliskan kembali deskripsi suatu gambar atau pola yang diberikan dengan menggunakan bahasa sendiri secara tertulis; 2).Mengetahui kemampuan peserta didik dalam hal menyatakan situasi matematik atau peristiwa sehari-hari ke dalam model matematika secara tertulis; 3).Mengetahui kemampuan peserta didik dalam hal menyatakan gambar ke dalam model matematika dan menghubungkan ide matematika dengan gambar yang relevan yang kemudian akan menghasilkan deskripsi kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa SMP kelas VIII pada pokok materi pola dan barisan bilangan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 8 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekriptif kualitatif. Adapun data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama pendidik atau guru pelajaran matematika di SMPN 8 Parepare, dan tes tertulis yang dilakukan pada siswa kelas VIII.1 yang menjadi sumber utama dari penelitian ini. Uji keabsahan data dengan melakukan teknik credibility, tranferbility, debility dan confimability. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan komunikasi matematis tertulis peserta didik kelas VIII di SMPN 8 Parepare pokok materi pola dan barisan bilangan dilihat dari keempat indikator rata-rata tergolong sedang. Hal ini dibuktikan dengan hasil data penyajian indikator yang dimana untuk indikator 3 dan 4 dijadikan satu sebagai berikut 1). Kemampuan peserta didik dalam hal menyajikan dan menuliskan kembali deskripsi gambar atau pola yang diberikan dengan menggunakan bahasa sendiri pada materi pola dan barisan bilangan secara tertulis masih sangat kurang baik untuk yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah;2). Kemampuan peserta didik dalam hal menyatakan situasi matematik atau peristiwa sehari-hari ke dalam model matematika materi pola dan barisan bilangan secara tertulis bisa dikategorikan sangat baik untuk yang berkemampuan tinggi, baik untuk yang berkemampuan sedang dan rendah;3). Kemampuan peserta didik dalam hal menyatakan gambar ke dalam model matematika dan menghubungkan ide matematika dengan gambar yang relevan pada materi pola dan barisan bilangan dapat dikategorikan baik untuk semua yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis tertulis, pola bilangan |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 07:32 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 07:32 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3657 |
Actions (login required)
View Item |