Budiman, Budiman (2022) Penerapan Model Virtual Education dalam Pembelajaran IPA Materi Tata Surya di Kelas VII MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
18.84206.010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Model Virtual education ini pengajar dan peserta didik dapat terpisah tempat, waktu, ataupun keduanya bisa juga dilakukan secara tatap muka, pengajar dapat memberikan pengajaran dengan metode yang bermacam-macam seperti Learning Management System (LMS), video conference, multimedia, internet, dan chatting. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model virtual educaion dalam proses pembelajaran peserta didik kelas VII MTs. Negeri 1 Sidenreng Rappang dan juga untuk menganalisis pemahaman konsep Tata Surya menggunakan Virtual Education pada peserta didik kelas VII MTs. Negeri 1 Sidenreng Rappang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian dan teknik analisis kualitatif untuk merangkum dan mendeskripsikan hasil penelitian melalui observasi pengamatan. Hasil Penelitian yang ditinjau dari observasi pengamatan oleh guru mata pelajaran menunjukkan bahwa penerapan model virtual education membuat peserta didik antusias dimana para peserta didik menikmati dan senang dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran peserta didik juga terlihat sangat aktif dalam proses pembelajaran, bahkan ada yang meminta untuk mengulang proses pembelajaran dengan menggunakan virtual reality dengan materi yang berbeda. Sedangkan untuk persentase siswa yang nilainya di atas KKM pada siklus I baru mencapai 78,60%, sehingga masih belum dapat mencapai kriteria keberhasilan penelitian. Pada siklus II, langkah-langkah penerapan model virtual education dilakukan dengan cara pemberian motivasi, menampilkan video menggunakan LCD dan virtual reality, serta memberikan kesempatan melakukan presentasi kelompok atas hasil gambarnya di depan kelas. Persentase nilai siswa yang di atas KKM pada siklus II meningkat menjadi 92,85%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model virtual education mampu membuat peserta didik tertarik dalam belajar sehingga mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi tata surya kelas VII G MTsN 1 Sidenreng Rappang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual Education¸ Virtual Reality, Pembelajaran |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 25 May 2022 02:47 |
Last Modified: | 25 May 2022 02:47 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3561 |
Actions (login required)
View Item |