Anggreni, Dewi (2022) Membangkitkan Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Everyone is a Teacher Here Pada Materi Program Linear di SMAN 5 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
17.1600.003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kepercayaan diri peserta didik kelas XI di SMAN 5 Pinrang (2) Untuk mengetahui pembelajaran matematika melalui strategi everyone is a teacher here pada kelas XI SMAN 5 Pinrang (3) Untuk mengetahui strategi everyone is a teacher here dapat membangkitkan kepercayaan diri peserta didik kelas XI pada pembelajaran matematika materi Program Linear di SMAN 5 Pinrang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Eksperimental dengan instrumen pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan lembar angket. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskripsi dan analisis statistik non parametrik dengan rumus uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon diperoleh Zhitung = 4,847 dan Ztabel = 1,96 sehingga Zhitung > Ztabel. Dengan demikian maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa strategi everyone is a teacher here dapat digunakan untuk membangkitkan kepercayaan diri peserta didik. Hal ini dinyatakan dalam (1) aktivitas peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran menggunakan strategi everyone is a teacher here meningkat karena presentase yang memenuhi aspek > 70%, (2) nilai presentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 72,2% dan termasuk pada kategori “Tinggi” dan (3) presentase respon angket kepercayaan diri peserta didik mengalami peningkatan sebesar 14,3% dan termasuk pada kategori Percaya Diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Everyone is a teacher here, Kepercayaan Diri |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 13 May 2022 06:12 |
Last Modified: | 13 May 2022 06:12 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3533 |
Actions (login required)
View Item |