Rusnawati, Rusnawati (2021) Dampak Belajar Kelompok terhadap Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya Anak di TK Cokroaminoto Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1800.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti dampak belajar kelompok terhadap interaksi sosial dengan teman sebaya anak di TK Cokroaminoto Pinrang. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan tentang bagaimana pelaksanaan belajar kelompok, bagaimana interaksi sosial dengan teman sebaya anak, dan bagaimana dampak belajar kelompok terhadap interaksi sosial dengan teman sebaya anak di TK Cokroaminto Pinrang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan belajar kelompok dan interaksi sosial dengan teman sebaya anak di TK Cokroaminto Pinrang, dan untuk mengetahui dampak belajar kelompok terhadap interaksi sosial dengan teman sebaya anak di TK Cokroaminto Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis etnografi yaitu kegiatan untuk memahami cara orang – orang untuk berinteraksi dan bekerjasama melalui kejadian di kehidupan sehari – hari. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan guru kelas TK Cokroaminoto Pinrang serta pengumpulan dokumen dari staf TK yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam belajar kelompok berdampak positif terhadap interaksi sosial dengan teman sebaya anak di TK Cokroaminoto Pinrang hal tersebut berdasarkan informasi yang peneliti peroleh bahwa melalui belajar kelompok anak saling mengenal dan akrab dengan temannya, bekerjasama dalam memecahkan masalah, percaya diri anak yang pemalu menjadi lebih berani, bersifat toleransi tidak membeda-bedakan teman, tolong menolong membantu teman yang mengalami kesulitan dan saling menghargai ide/ pendapat temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Belajar Kelompok, Interaksi sosial dengan teman sebaya anak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:48
Last Modified: 20 Apr 2022 06:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3449

Actions (login required)

View Item View Item