Amalia, Amalia (2022) Peningkatan kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar Bebas di Tk Aisyiyah Salongge Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1800.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kreativitas dari aspek press (pendorong) adalah untuk mewujudkan bakat kreatif anak, dalam hal ini diperlukan dorongan atau dukungan dari lingkungan (motivasi eksternal) yang berupa dukungan apresiasi, pujian, pemberian penghargaan, insentif, dan dorongan dari dalam diri anak sendiri (motivasi internal) untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Menggambar bebas adalah kegiatan menggambar dengan menggunakan alat gambar yang digunakan anak usia dini secara bebas untuk mengungkapkan imajinasinya, gagasan, perasaan, dan ekspresi tampa ada unsur paksaan dari seseorang , melalui permainan tekstur, warna, pola dan objek gambar. Menggambar bebas bagi anak usia dini adalah suatu kegiatan yang dapat mengekspor imajinasi anak, dapat membangun kepercayaan diri pada anak dan juga memberikan ruang bagi anak untuk berbicara melalui menggambar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan menggambar bebas yang dapat meningkatkan kreativitas anak, untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas dan untuk mengetahui apakah dengan kegiatan menggambar bebas dapat meningkatkan kreativitas anak di Tk Aisyiyah Salongge. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian lapangan atau field research, dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang dalam arti mengumpulkan data dari subjek penelitian data tersebut diambil langsung dari observasi di sekolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dimana peneliti fokus mengobservasi proses yang sedang berlangsung dan metode yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan menggambar bebas untuk meningkatkan kreativitas anak di Tk Aisyiyah Salongge sangat bermanfaat bagi anak-anak dan guru karena dapat meningkatkan kreativitas anak, peningkatan kreativitas anak di Tk Aisyiyah Salongge menunjukkan hasil yang baik dan memuaskan hal ini terbukti dari keseluruhan anak yang mengikuti kegiatan menggambar bebas tersebut adalah 100% (14 anak) dan Melalui kegiatan menggambar bebas dapat diketahui bahwa anak memiliki kemampuan kreativitas yang baik, dan dapat dilihat dari cara anak menggunakan alat-alat dan cara anak-anak menuankan imajinasinya dalam kegiatan tersebut. Selain itu juga, anak memiliki rasa ingin tahu yang besar, mempunyai rasa keindahan, dan anak bebas dalam menyatakan pendapat dalam kegiatan menggambar bebas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Menggambar bebas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:37
Last Modified: 04 Apr 2022 03:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item