Rahim, Salma (2020) Dukungan Orang Tua terhadap Self Efficacy dalam Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.3200.027 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.3200.027 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.3200.027 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.3200.027 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.3200.027 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.3200.027 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.3200.027 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyingkapi permasalahan pertama, mahasiswa kurang memiliki self efficacy terhadap dirinya dalam menyelesaikan skripsi karena ada beberapa hambatan dan faktor yang mengakitbatkan ia lambat dalam menyelesaian skripsinya, salah satu hambatannya yaitu sulit menemukan referensi buku terkait judul penelitiannya. Kedua, Selain itu peneliti juga melakukan penelitian terhadap orang tua dalam memberi dukungan agar meningkatkan self efficacy mahasiswa, bagaimana orang tua memberi dukungan dan hambatan apa saja yang dilewati orang tua ketika memberi dukungan kepada anaknya. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian yang mengungkap situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis data Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, self efficacy mahasiswa dapat terjadi bila ia sedang dalam masa kesulitan dalam mencari referensi dan kurangnya faktor pendukung sepeti laptop yangg dipakai dalam menyelesain skripsinya, sehingga ia larut dalam zona nyaman yang dapat mempengaruhi self efficacy-Nya untuk dapat selesai tepat waktu. kedua, Dukungan orang tua mahasiswa memiliki peran dalam penyelesain skripsi mahasiswa, karena orang tua sebagai figure bagi anak yang menginjak usia dewasa sebagai mahasiswa, Adapun dukungan yang diberikan orang tua kepada anaknya yakni dukungan moral kepada anak berupa motivasi, dukungan informasi dan doa adalah yang paling dominan yang diberikan orang tua kepada anaknya yang sedang dalam proses tahap penyelesaian. Ketika orang tua memberi dukungan maka semangat dan self efficacy pada diri akan akan muncul perlahan dan yakin dalam menyelesaian setiap tahap yang dilalui dalam menyelesaikan studinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Orang Tua, Mahasiswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nur Yusaerah
Date Deposited: 28 Jan 2022 08:54
Last Modified: 28 Jan 2022 08:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3025

Actions (login required)

View Item View Item