Musdalipah, Musdalipah (2020) Penerapan Konseling Imagery Dalam Mengatasi Kecemasan Bagi Mahasiswa Tahap Penyelesaian Tugas Akhir Pada Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
15.3200.013 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
15.3200.013 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
15.3200.013 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
15.3200.013 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
15.3200.013 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
15.3200.013 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
15.3200.013 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kecemasan dapat timbul pada mahasiswa jika keinginan dan fakta yang terjadi tidak sesuai harapan. Dalam tahap penyelesaian tugas akhir mahasiswa memiliki banyak hambatan-hambatan yang tidak diinginkan selama proses penyelesaian tugas akhir. Penelitian ini mengkaji tentang (1) bentuk kecemasan mahasiswa dalam tahap penyelesaian tugas akhir, kecemasan mahasiswa berupa kecemasan dalam bentuk kognitif, emosi, behavioral dan persepsi. (2) faktor-faktor penyebab kecemasan mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir, mulai dari faktor internal dan eksternal. (3) penerapan teknik imagery dengan melakukan relaksasi, mengubah emosi negatif serta memberi sugesti pada emosi positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi kecemasan mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen, pre eksperimen dilakukan untuk membuktikan secara langsung langkah-langkah penerapan teknik restrukturisasi kognitif, sedangkan metode kualitatif untuk mengumpulkan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi serta wawancara. Hasil penelitian dan tindakan pre eksperimen yang didapatkan (1) bentuk kecemasan mahasiswa mulai dari berdampak pada kognitif, fisik, persepsi, behavior, dan emosi. (2) faktor penyebab kecemasan mahasiswa tahap penyelesaian tugas akhir, yaitu berasal dari faktor internal yaitu kesulitan mahasiswa dalam penyusunan skripsi, biaya pembuatan skripsi (ekonomi keluarga yang pas-pasan) serta mahasiswa yang mengikuti organisasi kampus kemudian mengabaikan tugas kampus. Sifat mahasiswa yang pesimis, malas, tidak bersemangat dan berada pada zona nyaman untuk menunda pengerjaan skripsi. Adapun faktor eksternal berkaitan dengan birokrasi kampus, seperti persyaratan untuk melangkah ke tahap penyelesaian seperti harus lulus dalam menghafal juz amma, menghadapi pembimbing yang sulit ditemui. (3) teknik imagery diberikan dengan cara membayangkan kejadian yang disukai konseli dan memungkinkan konseli mampu mengontrol kecemasan pada saat situasi cemas, dengan teknik imagery mahasiswa secara langsung dapat mempraktikkan dan mengurangi kecemasan tanpa arahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling imagery, kecemasan, penyelesaian tugas akhir |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Sari Hidayati |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 09:06 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 09:06 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3013 |
Actions (login required)
View Item |