Nikmayanti, Sri (2021) Pengaruh metode al-simaa’ wa al-muhafadzah terhadap penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Bina Insan Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
16.1200.016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan metode al-simaa’ wa al-muhafadzah dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Bina Insan Parepare. (2) Bagaimana penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Bina Insan Parepare. (3) Apakah terdapat pengaruh metode al-simaa’ wa al-muhafadzah terhadap penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Bina Insan Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode al-simaa’ wa al-muhafadzah terhadap penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode al-simaa’ wa al-muhafadzah merupakan suatu kegiatan belajar berdemonstrasi secara latihan gramatikal, struktur, kalimat, teknik pengucapan atau pelafalan, serta penggunaan kosakata dengan mengikuti atau menirukan pendidik atau informan dari penutur aslinya, hal ini dapat memicu peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Penguasaan mufradat dalam pembelajarn bahasa Arab merupakan kemampuan peserta didik menghafal dan memahami mufradat serta dapat menggunakannya dalam kegiatan berbahasa lisan dan tulisan, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai mufradat peserta didik yang diberikan oleh guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab . Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif dan desain penelitiannya kuantitatif korelasional. Sampel penelitian menggunakan sampling jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel yang berjumlah 51 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan metode al-simaa’ wa al-muhafadzah terhadap penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Bina Insan Parepare berada pada kategori tinggi, hal ini dapat dilihat dari angket yang dibagikan kepada 51 responden diperoleh persentase nilai 85.5 %. (2) Penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Bina Insan Parepare berada pada kategori tinggi, hal ini dapat dilihat pada nilai hasil penguasaan mufradat peserta didik diperoleh persentase nilai 88.3 %. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan metode al-simaa’ wa al-muhafadzah terhadap penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Bina Insan Parepare. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi = 0.024 ≤ 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode al-simaa’ wa al-muhafadzah terhadap penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemudian berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) 0.100 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh metode al-simaa’ wa al-muhafadzah (X) terhadap penguasaan mufradat (Y) sebesar 10% sedangkan 90% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode al-Simaa’ wa al-Muhafadzah, Mufradat |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 07:35 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 07:35 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3007 |
Actions (login required)
View Item |