Rahman, Ali and Herdah, Herdah and Rustan, Ahmad S. and Amin, Sitti Jamilah (2019) Peningkatan Keterampilan Berbahasa Arab Santri Melalui Pembuatan Rancangan Pembelajaran Berbasis Teknologi di Pondok Pesantren Nurul Azhar Talaweh Sidrap. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare. ISBN 978-623-90768-6-3

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
Peningkatan Keterampilan Berbahasa Arab Santri.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Keagamaan yang dapat diperhitungkan yang tumbuh dan berkembang secara swadaya dalam masyarakat muslim Indonesia. Sejarah menunjukkan bahwa pesantren mempunyai akar tradisi yang sangat kuat di lingkungan masyarakat Indonesia dan merupakan produk budaya orisinal (indigenous) masyarakat Indonesia. Sejak awal kehadirannya, madrasah telah menunjukkan watak populisnya dengan memberikan sistem pendidikan yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat terutama menengah ke bawah. Hal ini merupakan pengejawantahan dari konsep “ummah” dalam Islam yang menempatkan harkat dan martabat manusia secara egaliter di hadapan Tuhan. Sekarang ini aktivitas pendidikan tidak lagi berwawasan lokal, tetapi harus berwawasan global dan internasional, dalam hal ini kualitas pendidikan pesantren harus ditingkatkan agar dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya yang sederajat.Seiring dengan perkembangan zaman yang diiringi dengan perkembangan teknologi informasi pembelajaran bahasa Arab harus melakukan pembaruan terutama dalam hal metodologi, perbaikan bahan ajar, media pembelajaran dan termasuk juga sumber daya manusianya yang harus profesional dan inovatif kreatif serta dapat bersaing secara kompetitif, sebagai upaya untuk mengimbangi dikotomi pendidikan umum terhadap pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Book
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:45
Last Modified: 02 Dec 2022 01:26
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item