Karmila, Sitti (2021) Tradisi Mappadendang Masyarakat Bugis dalam Perspektif Pendidikan Islam di Lapalopo. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.096 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.096 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.096 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.096 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.096 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.096 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.096 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tradisi mappadendang masyarakat bugis dalam perspektif pendidikan Islam merupakan suatu cara untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang ada di dalam pelaksaan tradisi mappadendang, yang bisa dipertahankan oleh masyarakat dan bisa berguna bagi masyarakat. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tata cara pelaksanaan dalam tradisi Mappadendang apakah terdapat unsur pendidikan Islam didalamnya, dan apakah terdapat nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Mappadendang di Lapalopo Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang sehingga masyarakat dapat melestarikan dan menjaga tradisi tersebut. Jenis penelitian yang digunakan tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan Antropologi, seni budaya, dan agama yaitu suatu bentuk pendekatan yang mempelajari tentang hubungan manusia dengan kebudayaannya, memuat unsur keindahan yang sudah ada sejak turun temurun yang berkembang bersama masyarakat untuk di lestarikan, dan segenap kepercayaan yang mengkaji keyakinan yang sakral dan mutlak yang mengatur hubungan antar manusia dengan tuhan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif bersifat induktif yakni suatu analisis data yang diperoleh selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu, kemudian berkembang menjadi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tradisi mappadendang di Lapalopo Kecematan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang terdapat nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya dimana ditunjukkan dengan nilai tolong menolong oleh masyarakat, hubungan silaturahmi yang di jaga dengan baik, dan kebersamaan yang dibangun oleh masyarakat. Dan rasa syukur yang ditunjukkan oleh masyarakat kepada Allah atas hasil panen yang diperoleh, semuanya dapat diketahui melalui hasil wawancara dari imam masjid dan tokoh masyarakat. Nilai-nilai Pendidikan Islam dapat dilihat dari tingkah laku masyarakat pada saat diadakannya tradisi mappadendang dimana masyarakat saling bahu membahu mempersiapkan keperluan tradisi tersebut, saling bekerja sama membagi pekerjaan agar tradisi mappadendang berjalan dengan baik dan tepat waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tata Cara Pelaksanaan, Nilai-nilai Pendidikan Islam, Tradisi Mappadendang |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 02:56 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 02:56 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2769 |
Actions (login required)
View Item |