Andini, Sari Tri (2020) Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Lemahnya Kemampuan Peserta Didik dalam Memahami Bahasa Arab Kelas VIII MTs DDI Lero Kec. Suppa Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1200.023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab dan faktor-faktor yang mempengaruhi lemahnya kemampuan peserta didik dalam memahami bahasa Arab serta upaya yang dilakukan pendidik dalam mengatasi faktor-faktor yng mempengaruhi lemahnya kemampuan peserta didik dalam memahami bahasa Arab kelas VIII MTs DDI Lero Kec. Suppa Kab. Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau Verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs DDI Lero masih perlu dikaji dan dikembangkan lagi karena ketidakaktifan peserta didik dalam belajar bahasa Arab dan problematika pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik terdiri dari 2) problematika linguistik yang meliputi: Kesulitan dengan mengucapkan bunyi bahasa Arab, kurangnya pemahaman tata bahasa dan kesulitan menulis Arab. Dan problematika non linguistik meliputi kurikulum, materi, pendidik, peserta didik, metode, fasilitas, dan lingkungan. 3) Upaya yang dilakukan pendidik dalam mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi lemahnya kemampuan peserta didik dalam memahami bahasa Arab faktor linguistik antara lain : memberikan latihan untuk membaca dan mengucapkan huruf-huruf Arab serta diberikan dorongan agar peserta didik senantiasa membaca Al-Qur’an, memberikan kosakata disetiap pertemuan kepada peserta didik untuk dihafal, memeberikan pengajaran tata bahasa yang baik dan benar, dan selalu memberikan latihan menulis Arab kepada peserta didik agar dapat menulis dengan baik dan benar. Adapun upaya untuk mengatasu faktor non linguistik antara lain: melaksanakan kurikulum yang telah ditetapkan dengan baik, memberikan motivasi kepada peserta didik agar peserta didik bisa bersemangat dalam belajar, menghilangkan image bahasa Arab yang sulit agar tercipta motivasi dan semangat yang menggebu-gebu sehingga tujuan akhir dari mempelajari bahasa Arab dapat tercapa, memberikan perhatian dan menciptakan suasana yang menyenangkan, memilih metode yang tepat dalam proses pengajaran bahasa Arab, menyediakan fasilitas/media pembelajaran yang memadai, memberikan bimbingan khusus di luar jam pelajaran, berusaha berbahasa Arab di lingkungan Madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kelemahan peserta didik, kemampuan berbahasa Arab
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:17
Last Modified: 10 Nov 2021 03:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2751

Actions (login required)

View Item View Item