Zahrah, Nurfadhilah (2020) Dampak Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) Bagi Peserta Didik di SMA Negeri 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
13.1100.044 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
13.1100.044 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
13.1100.044 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
13.1100.044 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
13.1100.044 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
13.1100.044 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
13.1100.044 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pekerjaan rumah (PR) merupakan salah satu metode pembelajaran yang diberikan guru kepada peserta didik berupa tugas tambahan yang dikerjakan di rumah dengan tujuan untuk membantu peserta didik lebih memahami dan mendalami suatu materi pelajaran yang telah diajarkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pekerjaan rumah (PR) yang telah diberikan kepada peserta didik dan mengetahui apa dampak positif dan negatif pemberian pekerjaan rumah (PR) bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru kepada peserta didik di SMA Negeri 3 Parepare yaitu soal-soal latihan yang diambil dari buku paket, soal-soal yang dibuat oleh guru, makalah dan power point, hafalan, karya tulis, laporan praktikum, kerajinan tangan dan rangkuman. (2) Pemberian pekerjaan rumah (PR) memiliki dampak positif dan negatif bagi peserta didik di SMA Negeri 3 Parepare. Dampak positifnya yaitu meningkatkan motivasi belajar, melatih tanggung jawab, meningkatkan penguasaan materi, melatih kerja sama di rumah, belajar mengatasi masalah, melatih penggunaan waktu serta melatih kerja keras. Dampak negatif pemberian pekerjaan rumah (PR) yaitu menjadi beban bagi peserta didik, mengurangi waktu istirahat dan menimbulkan rasa takut akan hukuman yang diberikan guru apabila tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pekerjaan Rumah (PR), Dampak Positif dan Dampak Negatif Pekerjaan Rumah (PR), Peserta Didik, Guru
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 01 Nov 2021 02:13
Last Modified: 01 Nov 2021 02:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2728

Actions (login required)

View Item View Item