Putri, Siti Wildania Riani (2020) Pengaruh penerapan literasi al-Qur’an 10 menit dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada peserta didik SMA Negeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
15.1100.120 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
15.1100.120 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
15.1100.120 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
15.1100.120 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
15.1100.120 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
15.1100.120 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
15.1100.120 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Literasi al-Qur’an sebagai wujud dalam mengajak peserta didik untuk lebih terbiasa membaca al-Qur’an sebagai pedoman dikehidupannya, terlebih jika sudah terbiasa maka angka minat baca al-Qur’an disekolah akan semakin membaik dan bernilai positif sebagai umat beragama Islam yang membaca dan mengamalkan setiap ayat di al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan literasi al-Qur’an dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an pada peserta didik SMA Negeri 1 Parepare, untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat baca al-Qur’an. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, yang mengumpulkan datanya menggunakan kuesioner, dan data deksriptif dikumpulkan melalui metode dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan literasi al-Qur’an berada pada kategori kurang yaitu 59.1% hal ini dibuktikan dengan menganalisis hasil kuesioner yang dibagikan sebanyak 90 responden (2) Minat baca al-Qur’an berada pada kategori sedang yaitu 65% hal ini dibuktikan dengan menganalisis hasil kuesioner yang dibagikan sebanyak 90 responden (3) Hubungan antara penerapan literasi al-Qur’an dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an, termasuk kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rxy sebesar 0.609. berdasarkan hasil dari product moment tersebut, maka dibuat menjadi 0.60 x 100% = 0.60%, jadi angka tersebut menunjukkan bahwa pengaruh penerapan literasi al-Qur’an dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an adalah 60% sedangkan sisanya sebesar 40% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Minat Baca, al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:19
Last Modified: 30 Sep 2021 02:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2667

Actions (login required)

View Item View Item