Herawati, Netty (2020) Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMAN 4 Barru Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
15.1100.093 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
15.1100.093 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
15.1100.093 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
15.1100.093 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
15.1100.093 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
15.1100.093 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
15.1100.093 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas (X) terhadap minat belajar peserta didik (Y). Penelitian ini ditujukan kepada seluruh peserta didik kelas XI sebanyak 135 peserta didik dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 57 peserta didik dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Pengolahan data penelitian digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikansi 5%. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dengan menggunakan skala likert pada variabel X dan variabel Y. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas di kelas XI SMAN 4 Barru termasuk kategori cukup dengan angka presentasi yaitu 69.9%. (2) Minat belajar peserta didik termasuk kategori cukup dengan angka persentasi yaitu 71.2%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas terhadap minat belajar peserta didik kelas XI SMAN 4 Barru. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan secara manual thitung = 5 101 > ttabel = 2.004 dan nilai R Square atau r2 diperoleh 0.322. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh pengelolaan kelas (X) terhadap minat belajar peserta didik (Y) sebesar 32.2%, sedangkan 67.8% minat belajar peserta didik SMAN 4 Barru dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan kelas, minat belajar peserta didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 08:54 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 08:54 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2665 |
Actions (login required)
View Item |