Nurhikma, Nurhikma (2020) Pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII UPT SMP Negeri 5 Duampanua. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
14.1100.077 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
14.1100.077 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
14.1100.077 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
14.1100.077 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
14.1100.077 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
14.1100.077 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
14.1100.077 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penerapan kurikulum 2013 adalah kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana peserta didik dituntut untuk faham materi, aktif dalam proses diskusi,dan presentasi serta memiliki sopan satun serta sikap disiplin yang tinggi. Kualitas pembelajaran Kualitas pembelajaran juga di artikan sebagai tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. Pencapaian tujuan tersebut berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta perkembangan sikap melalui proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 49 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan rumus Korelasi product, uji validitas, uji reliabilitas dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan kurikulum 2013 termasuk kategori tinggi dengan angka persentasi yaitu 89%. (2) Kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam kedisiplinan peserta didik termasuk kategori tinggi dengan angka persentasi yaitu 85%. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan kurikulum 2013 terhadap kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam, yang dibuktikan melalui hasil analisis data dari hasil angket dengan nilai signifikansi〖 r〗_hitung = 0,991 ≥ r_tabel = 0,288 pada taraf signifikan 5%. besarnya pengaruh antara penerapan kurikulum 2013 dengan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam adalah sebesar 98.20%, dalam artian bahwa 1.8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini, kemudian dilakukan uji regresi linear sederhana untuk mengetahui adanya pengaruh antara penerapan kurikulum 2013 terhadap kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII UPT SMP Negeri 5 Duampanua diperoleh bentuk persamaan regresi berupa Y1 = 22.427 + 0.229 X. Dengan ini dinyatakan adanya pengaruh positif kurikulum 2013 terhadap kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII UPT SMP Negeri 5 Duampanua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Kurikulum 2013, Kualitas Pembelajaran |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 02:19 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 02:19 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2660 |
Actions (login required)
View Item |