Nurfaida, Nurfaida (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Aplikasi Google Classroom Peserta Didik Kelas X BDP 1 SMK Negeri 1 Wajo. Masters thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
19.0211.033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Wajo menggunakan beberapa aplikasi seperti whatsapp, google classroom, google meet tetapi Sebagian besar guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menggunakan aplikasi google classroom sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X BDP 1 SMK Negeri 1 Wajo dengan menggunakan aplikasi google classroom dan mengetahui pengaruh aplikasi google classroom terhadap efektivitas pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas X BDP 1 SMK Negeri 1 Wajo. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas X BDP 1 SMK Negeri 1 Wajo. Data dikumpulkan melalui 28 orang sampel yang terpilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan aplikasi google classroom pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X BDP 1 SMK Negeri 1 Wajo memanfaatkan fitur forum, tugas kelas dan nilai, (2) Efektivitas pembelajaran,daring Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui aplikasi google classroom peserta didik kelas X BDP 1 SMK Negeri 1 Wajo, ditunjukkan dari hasil belajar setiap penilaian melebihi 80% peserta didik mendapatkan nilai KKM dan hasil observasi keakifan belajar meningkat secara signifikan yaitu 34% dengan nilai 2,40 berada pada kategori kurang pada observasi pertama, sedangkan pada observasi kedua meningkat menjadi 62% dengan nilai 3,00 berada pada kategori baik. (3) Penggunaan aplikasi google classroom berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran, dibuktikan dengan hasil analisis jawaban responden yang menunjukkan taraf hasil uji hipotesis dengan uji T variable X terhadap Y memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,03 lebih kecil dari 0,05, sementara nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, yaitu 2,171 > 1,701 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, Uji F menunjukkan nilai f hitung lebih besar dari f tabel yaitu 4,713 > 4,20 dan hasil uji R menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,121 = 12,1%, maka dapat disimpulkan bahwa variabel google classroom mempengaruhi variabel efektivitas pembelajaran daring sebesar 12,1%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi google classroom, Efektivitas meliputi: kualitas pembelajaranm (hasil belajar), kesesuaian tingkat pembelajaran, intensif (respon baik) dan waktu |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 08:17 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 08:17 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2644 |
Actions (login required)
View Item |