Indriany, Indriany (2021) Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Pelayanan Kefarmasian pada Pasien di Apotek Fajar Farma Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.2200.040 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.2200.040 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.2200.040 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.2200.040 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.2200.040 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.2200.040 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.2200.040 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji dua permasalahan yaitu: 1) Bagaimana bentuk pelayanan kefarmasian pada pasien di Apotek Fajar Farma Kota Parepare; 2) Bagaimana prinsip etika pelayanan kefarmasian pada pasien di Apotek Fajar Farma Kota Parepare. Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk Mengetahui Bentuk Pelayanan Kefarmasian pada Pasien di Apotek Fajar Farma Kota Parepare; 2) Untuk Mengetahui Prinsip Etika Pelayanan Kefarmasian pada Pasien di Apotek Fajar Farma Kota Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk pelayanan Kefarmasian yang dilakukan di apotek Fajar Farma kota Parepare terdiri dari pelayanan resep dan pelayanan tanpa resep, dari lima dimensi yang digunakan terdapat satu dimensi kualitas pelayanan yang belum terpenuhi yaitu dimensi Kepastian/Jaminan, dimana petugas apotek atau tenaga kefarmasian tidak dapat memenuhi kebutuhan pasiennya. Mencakup pengetahuan yang kurang, selain itu dalam hal ketersedian obat tidak menjamin. Jika dikaitkan dengan etika bisnis Islam bentuk-bentuk pelayanan resep maupun nonresep di apotek Fajar Farma sudah sesuai dengan prinsip kehendak bebas, tanggung jawab, dan keadilan; 2) Prinsip-prinsip etika pelayanan kefarmasian pada pasien di apotek Fajar Farma Parepare ada yang sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam ada pula yang tidak sesuai. Prinsip yang sesuai yaitu prinsip keseimbangan atau keadilan, prinsip kehendak bebas. Adapun prinsip yang tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Kefarmasian, Etika Bisnis Islam |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 07:25 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 07:25 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2561 |
Actions (login required)
View Item |