Irdayani, Irdayani (2021) Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran Pedagang Pakaian di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.2200.030 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.2200.030 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.2200.030 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.2200.030 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.2200.030 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.2200.030 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.2200.030 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran Pedagang Pakaian di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang. Terdiri dari 2 (dua) permasalahan, yaitu : 1) Bagaimana Strategi Pemasaran Pedagang Pakaian di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang? 2)Bagaimana Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran Pedagang Pakaian di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field reaserch) yang menggunakan metode kualitatif yang bersumber dari beberapa pedagang dan pembeli pakaian di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk menguraikan permasalahan dan pengumpulan fakta serta menguraikan secara menyeluruh. Peneliti ini akan menggunakan Pendekatan fenomenologi yakni untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi dan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Para pedagang dalam menerapkan strategi produknya dengan tidak menyembunyikan cacat dan selalu menjaga mutu barang agar tetap memiliki kualitas yang baik terhadap pakaian yang dijual tersebut di samping melayani pembeli dengan ramah. Strategi tempat para pedagang mengakui menyewa tempat strategis sangat berpengaruh. Strategi harga pedagang pakaian menjual barang berdasarkan kualitas yang bagus tetapi dengan harga yang tinggi pula tetapi menjualnya dengan harga masih kisaran harga pasar. Promosi dengan cara mengaplod di media sosial disamping mengikuti perkembangan trend model pakaian, kepuasan pelanggan dan memanfaatkan barang yang sudah ada tapi tidak dapat terjual lagi.2) Analisis Etika Bisnis Islam terhadap Strategi Pemasaran pedagang pakaian di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang. Dalam menjalankan strateginya para pedagang ada yang jujur dalam berdagang seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. dalam berbisnis. Sementara disisi lain ada juga pedagang yang tidak jujur dengan cara mengabaikan nilai-nilai etika berfikir meraut keuntungan yang lebih besar, tidak menerapakan sikap amanah dengan adanya unsur gharar dalam menjual pakaian, tidak fathanah dalam mempromosikan pakaian, sikap tabilqh masih sangat minim dengan kurangnya rasa sabar, ramah dan sopan dalam menyalani pembeli seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. dalam berdagang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran, Pedagang Pakaian
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 13 Aug 2021 08:20
Last Modified: 13 Aug 2021 08:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item