Sukriani, Sukriani (2020) Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) DDI Kampung Baru Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1200.042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Media dalam proses pembelajaran sangat penting, seorang pendidik dituntut untuk menggunakan media sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Menghadirkan media dalam proses pembelajaran merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan oleh para pendidik. Dalam penelitian ini media gambar dipilih sebagai alat untuk menjelaskan materi penguasaan mufradat di ruang belajar dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada dua siklus. Pada siklus pertama mencakup empat langkah yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pada siklus pertama menyatakan bahwa peserta didik terlihat bersemangat dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya penggunaan media gambar dalam meningkatkan penguasaan mufradat. Hasil observasi menyatakan bahwa 76% penerapan media gambar pada penguasaan mufradat sudah tergolong sedang. Pada siklus kedua juga memilki empat langkah sebagaimana halnya dengan siklus pertama. Namun siklus kedua ini merupakan perbaikan dan kelanjutan dari siklus pertama. Hasil observasi menyatakan bahwa 80% penggunaan media gambar dalam meningkatkan penguasaan mufradat sudah tergolong tinggi. Pada siklus kedua ini hasilnya sangat sesuai dengan harapan sebagaimana pernyataan dalam hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar dalam meningkatkan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab pesrta didik kelas V. Hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi yang menyatakan bahwa 80% pengguanaan media gambar dalam meningkatkan penguasaan mufradat sudah tergolong sangat tinggi. Maka hipotesis diterima dan ini berarti proses penggunaan media gambar dalam menigkatkan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) DDI Kampung Baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Gambar, Meningkatkan Penguasaan Mufradat
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 01 Jul 2021 09:22
Last Modified: 01 Jul 2021 09:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2429

Actions (login required)

View Item View Item