Saripa, Saripa (2021) Efektivitas Penggunaan Metode Al-Baghdadiyah dalam Mengatasi Problem Membaca Al-Qur’an pada anak usia remaja di Dusun Akkajang Desa Matunru-tunrue. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.143 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.143 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.143 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.143 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.143 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.143 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.143 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an sebagai wahyu Allah swt kepada Nabi Muhammad saw berisi petunjuk bagi umat manusia dalam kehidupan untuk mencapai kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Perubahan sejarah masyarat pendidikan senantiasa menjadi perhatian utama dalam rangka memajukan kehidupan geneasi sejalan tuntunan kemajuan masyarakat. Untuk mengatasi problematika yang ada terutama dalam hal membaca al-Qur’an bagi anak-anak usia dini, remaja bahkan dewasa guna mengurangi anak-anak yang kurang mampu/kurang lancar dalam membaca al-Qur’an dengan menggunakan metode al-Baghdadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Al-Baghdadiyah dalam mengatasi problem membaca Al-Qur’an di dusun Akkajang desa Matunru-tunrue. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian adalah kuantitatif deskriftif. Jumlah sampel sebanyak 30 responden dari 30 populasi masyarakat pada anak usia remaja di dusun Akkajang desa Matunru-tunrue. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode al-Baghdadiyah dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di dusun Akkajang desa Matunru-tunrue paling tinggi 93% dari yang diharapkan. (2) Efektivitas membaca al-Qur’an dengan metode al-Baghdadiyah paling tinggi 53% dari yang diharapkan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan membandingkan besarnya r yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai r hitung maka dapat di ketahui bahwa rhitung = 0,574>>rtabel 0,361 pada taraf signifikan 5% maka hipotesis dapat diterima dan ini berarti efektivitas penggunaan metode al-Bagdadiyah dalam mengatasi problem membaca al-Qur’an di dusun Akkajang desa Matunru-tunrue.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Al-Baghdadiyah,Problem Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 01:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 01:28 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2427 |
Actions (login required)
View Item |