Hamid, Muhammad Idham Sya’ban (2021) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Iklan dan Kemasan di Mini Market Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.2400.031 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.2400.031 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.2400.031 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.2400.031 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.2400.031 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.2400.031 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.2400.031 Daftar Pustaka dan lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi rill iklan dan kemasan pada saat ini dan faktor-faktor yang menyebabkan kondisi iklan dan kemasan pada saat ini serta pandangan Etika Bisnis Islam terkait kondisi iklan dan kemasan pada saat ini. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Dengan melakukan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni meneliti peristiwa-peristiwa yang ada di lapangan sebagaimana adanya. Namun tidak bisa terlepas juga dari penelitian kepustakaan (library research) karena dapat menjadi rujukan untuk mencari literature-literatur dalam mengumpulkan data yang berbicara tentang iklan dan kemasan produk dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya.. Hasil penelitian ini menyimpulkan, sebagai berikut : Pertama, Kondisi iklan dan kemasan pada beberapa produk saat ini terkesan memanipulatif dan tidak mengutamakan atau mengedepankan kepuasan konsumen terkait visual iklan yang ditawarkan dan pada tampilan kemasan yang ditampilkan. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi iklan dan kemasan pada saat ini yaitu desain kemasan dan daya tarik iklan yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk kurang memberikan rasa puas kepada konsumen pada beberapa produk yang masih dianggap tidak mengedepankan kepuasan konsumen dan cenderung mencari keuntungan semata. Ketiga, Dari segi Etika Bisnis Islam proses berbisnis dengan terlalu menampilkan daya tarik iklan yang dilebih-lebihkan dan tampilan kemasan yang kurang sesuai dengan produknya hanya menimbulkan rasa kurang percaya konsumen terhadap beberapa poduk yang dianggap melebih-lebihkan itu dan cenderung mencari keuntungan semata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam, Iklan dan Kemasan, Minimarket |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 09:05 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 09:05 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2425 |
Actions (login required)
View Item |