Ida, Nur (2021) Strategi Komunikasi Visual Billboard dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.3100.039 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.3100.039 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.3100.039 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.3100.039 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.3100.039 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.3100.039 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.3100.039 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Billboard merupakan media promosi luar ruang yang memiliki karakteristik layaknya poster namun memiliki ukuran yang lebih besar dan diletakkan ditempat tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk visual billboard serta strategi komunikasi visual billboard dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Parepare. Teori yang digunakan adalah teori stimulus respon dan teori persuasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dalam mengumpulkan data menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terlihat adanya perbedaan dan persamaan informan terhadap kesan yang berbeda-beda yaitu mengenai warna, ukuran dan penempatan billboard. Informan berpendapat bahwa sangat menarik dan merubah perilaku mereka sesuai dengan tuntutan Al-Qur’an dan Hadits. Tetapi diluar dari pada itu ternyata ada informan yang tidak terlalu fokus pada pesan billboard sehingga lebih berdampak negatif. Persamaan dan perbedaan pendapat daripada melihat informan ini dipengaruhi oleh pengalaman informan sendiri ketika melihat dan mendeskripsikan billboard yang ada sehingga mereka memiliki pandangan yang sama berkaitan dengan unsur-unsur dalam billboard serta apa yang terkandung didalamnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Billboard; Kesadaran Masyarakat; Strategi Komunikasi; Pesan Keagamaan |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 03:47 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 03:47 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2389 |
Actions (login required)
View Item |