Fitriani, Nurfhadilah Feby (2021) Strategi Bimbingan Keagamaan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.3200.074 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.3200.074 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.3200.074 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.3200.074 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.3200.074 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.3200.074 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.3200.074 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang dianggap memiliki kekurangan pada fisik dan mental. Meskipun demikian, anak berkebutuhan khusus memiliki potensi seperti anak pada umumnya, sehingga membutuhkan bimbingan untuk mengembangkan diri. Bimbingan keagamaan diketahui tepat dalam memberi bantuan mental dan spritual agar anak mampu menngembangkan dirimelalui kekuatan iman kepada Tuhan-Nya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru/wali kelas (pembimbing) dalam memberikan bimbingan keagamaan kepada anak berkebutuhan khusus dan bagaimana dampak dari strategi bimbingan keagamaan yang diberikan. Jenis Penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap enam anak berkebutuhan khusus, enam guru, dan dua orang tua. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Fokus penelitian menitikberatkan pada strategi bimbingan keagamaan yang dilakukan kepada anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Bimbingan Keagamaan pada Anak Berkebutuhan khusus yang dilakukan oleh guru/wali kelas menggunakan metode ceramah, permainan, pemberian tugas dan latihan/praktek. Dimana strategi ini diberikan kepada anak berkebutuhan khusus terdiri dari tunadaksa, tunarungu, tunanetra, tunagrahita, dan Autis, pada anak tingkat SD, SMP, dan SMA. (2) Dampak Strategi Bimbingan Keagamaan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, yaitu meningkatkan keimanan, meningkatkan keterampilan, mengatasi masalah yang dihadapi, mempererat tali silaturahmi, profesionalisme dalam ibadah. Sehingga stimulus yang diberikan oleh guru/wali kelas selaku pembimbing keagamaan kepada anak berkebutuhan khusus memberikan perkembangan terhadap perubahan perilaku yang nampak maupun tidak berupa pola pikir anak yang mulai paham mengenai pembinaan agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bimbingan Keagamaan, Anak Berkebutuhan Khusus, SLB
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 18 May 2021 02:28
Last Modified: 18 May 2021 03:38
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2314

Actions (login required)

View Item View Item