Asriani, Asriani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repitition (AIR) Terhadap Pemahaman Sejarah Berdirinya Dinasti Abbasiyah Kelas XI di MAN 2 Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
15.1100.007 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
15.1100.007 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
15.1100.007 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
15.1100.007 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
15.1100.007 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
15.1100.007 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
15.1100.007 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repitition (AIR) merupakan tipe pembelajaran interaksi guru dan peserta didik di dalam kelas yang menyangkut strategi, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Pemahaman sejarah adalah kemampuan dalam menangkap inti serta menyampaikan kembali materi sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah baik dalam bentuk diskusi dan tampil di depan kelas untuk menyampaikan materi sejarah yang telah dipahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repitition (AIR) terhadap pemahaman sejarah berdirinya dinasti abbasiyah peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dalam pengumpulan datanya menggunakan instrument tes uraian. Adapun analisis datanya menggunakan analisis SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repitition (AIR) dan pemahaman peserta didik dikategorikan tinggi 0,97 atau 97% maka dikatakan tinggi dikarenakan dengan penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repitition (AIR) dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repitition (AIR) terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran Sejarah Berdirinya Dinasti Abbasiyah kelas XI Mia.3 MAN 2 Barru. Hal ini dapat dibuktikan dengan menganalisis data dari hasil tes yang dipilih responden. Dan berdasarkan pada uji t (t-tes) hasil pretest (sebelum perlakuan) dan hasil posttest (sesudah perlakuan) menunjukkaan bahwa nilai gain rata-rata = 37,27; standar deviasi= 6,38; standar eror rata-rata = 1,18 dari hasil uji t(t-tes) diperoleh nilai thitung = 31,46 dengan signifikansi 0,000 karena nilai sig < 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repitition (AIR) berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran sejarah berdirinya dinasti abbasiyah kelas XI Mia. 3 MAN 2 Barru dan konstribusi yang diberikan sebesar 97%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repitition (AIR), Pemahaman Sejarah |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 06 May 2021 03:49 |
Last Modified: | 06 May 2021 03:49 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2308 |
Actions (login required)
View Item |