Anwar, Asra (2021) Pola Pembinaan Etika Peserta Didik Pada Masa Pandemi Di UPT SMA Negeri 8 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.093 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.093 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.093 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.093 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.093 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.093 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar PUstaka dan Lampiran)
16.1100.093 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pola pembinaan etika adalah suatu arahan, bimbingan dan tindakan yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik untuk memperbaiki perilaku atau etika peserta didik pada masa pandemi sekarang ini di UPT SMA Negeri 8 Pinrang, sehingga peserta didik mengetahui mana perilaku yang baik dan buruk sesuai dengan ajaran Agama Islam. Tujuan utama pembinaan dalam Islam adalah membentuk akhlak atau budi pekerti yang baik walaupun di masa pandemi seperti sekarang ini. Atas dasar itulah pihak sekolah UPT SMA Negeri 8 Pinrang melakukan pembinaan etika peserta didik dengan berbagai kegiatan dan pola untuk meningkatkan akhlak atau etika peserta didik di UPT SMA Negeri 8 Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah Kepala UPT SMA Negeri 8 Pinrang, guru Pendidikan Agama Islam, dan Peserta didik. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang penulis peroleh yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pola pembinaan etika peserta didik yang dilakukan menggunakan beberapa pola, yakni: Pembiasaan dalam mendidik peserta didik, keteladanan dari Rasulullah, pola pembinaan menggunakan buku kontrol (mutaba’ah) amaliah peserta didik dan pola kerja sama antara guru dan orang tua peserta didik di UPT SMA Negeri 8 Pinrang agar dapat melakukan kegiatan Islami dan terlaksananya pembinaan etika pada masa pandemi sekarang ini. 2) Efektivitas pola pembinaan etika peserta didik pada masa pandemi di UPT SMA Negeri 8 Pinrang dapat dilihat dari dua segi yaitu segi proses dan hasil. Dari segi proses pola pembinaan etika peserta didik, guru Pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan agar peserta didik dapat memilki etika yang baik. Adapun dari segi hasil pola pembinaan etika peserta didik pada masa pandemi yaitu keterbatasan antara jarak karena guru dan peserta didik tidak langsung bertatap muka dan tidak tahu apa yang dilakukan oleh peserta didik serta akses jaringan yang kurang mendukung sehingga membuat peserta didik terlambat mengerjakan dan mengumpul tugas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Pembinaan, Etika Peserta Didik, Masa Pandemi |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 01:40 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 01:40 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2292 |
Actions (login required)
View Item |