Basri, Hasniar (2021) Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Daring di SMP Negeri 5 Panca Rijang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.064 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.064 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.064 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.064 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.064 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.064 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.064 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Daring di SMP Negeri 5 Panca Rijang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview atau wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian yang didapatkan selama penelitian berlangsung, peneliti melihat bahwa proses belajar peserta didik melalui daring yaitu pada dasarnya ada peserta didik tetap antusias dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Namun ada juga peserta didik yang kurang berminat dan terdorong dalam mengikuti materi pendidikan agama Islam. Faktor pendukung yaitu a) penggunaan aplikasi dengan adanya batuan kuota internet dari sekolah. b) memanfaatkan media internet dan buku bacaan untuk mencari dan menyelesaikan tugas yang kurang di pahami. c) adanya perhatian orang tua dalam mendidik anaknya. Faktor penghambat a) kuota belajar b) keadaan signal di setiap desa berbeda-beda c) sebagian peserta didik tidak mengerti jika tidak di jelaskan secara langsung. Ada dua cara proses penyampaian pembelajaran yaitu pembelajaran luring (luar jaringan) jika terkendala oleh jaringan. Upaya dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik , memberikan motivasi belajar, pemberian pujian, metode belajar, dan menghubungkan pelajaran dengan pengalaman. Peran seorang guru yang selalu memberikan banyak motivasi, arahan atau siraman rohani yang membengun semangat belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Peserta Didik, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 02:51 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 02:51 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2289 |
Actions (login required)
View Item |