Kamil, Kamil (2020) Diskursus Pemahaman Islam pada Kegiatan Ekstrakurikuler Remaja Musholla (REMUS) di SMA NEgeri 1 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.086 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.086 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.086 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.086 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.086 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.086 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.086 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan dan lembaga pendidikan berpeluang besar tempat berkembangnya benih radikalisme. Khususnya pada kegiatan eksrakurikuler keagamaan yang dilaksanakan di Sekolah, Hal itu disebabkan karena kegiatan ekstrakurikuler keagamaan melibatkan pihak selain sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menggambarkan tipologi pemahaman Islam pada kegiatan ekstrakurikuler REMUS dan menggambarkan sikap siswa dan pembina REMUS sebagai bentuk pemahaman tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah aktivis dan pembina kegiatan ekstrakurikuler REMUS SMA Negeri 1 Pinrang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara sebagai instrumen utamanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya para aktivis REMUS bersikap terbuka dan toleran dalam menerima perbedaan, baik dalam agama maupun ibadah, dalam ranah politik, pembina REMUS meyakini bahwa Agama Islam merupakan agama yang paling benar dan kesadaran tersebut tetap diikuti dengan kesadaran bahwa Ideologi Pancasila mengakui adanya keragaman dan perbedaan, sehingga ide untuk menjadikan negara Islam sebagai ideologi negara tidak bisa dibenarkan. Begitu juga pemahaman Islam dalam lingkup budaya menggambarkan keterbukaan dalam menerima adat-istiadat yang dilakukan masyarakat dengan menggunakan pendekatan kultural. Dengan demikian, kecenderungan tipologi pemahaman Islam pada kegiatan ekstrakurikuler REMUS di SMA Negeri 1 Pinrang lebih kepada moderat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diskursus, Tipologi Islam, REMUS |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 03:57 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 03:57 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2254 |
Actions (login required)
View Item |