Samsi, Samsi (2021) Perbandingan Metode Iqro’ dan Bagdadiyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik Kelas VII di SMPN 5 Duampanua Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.034 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.034 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.034 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.034 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.034 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.034 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.034 Daftar Pustaka danLampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan seseorang dalam membaca al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting dalam belajar al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan metode Iqro’ dan Bagdadiyah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran peserta didik kelas VII di SMPN 5 Duampanua Kabupaten Pinrang. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu quasi experiment dalam bentuk pretest-posttest, Nonequivalent Multiple Group Design dengan pengujian t-tes menggunakan rumus Separated Varian yang membandingkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqro’ dan metode Bagdadiyah pada peserta didik SMPN 5 Duampanua Kabupaten Pinrang. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung adalah 0,05. Dengan taraf signifikan ἀ = 0,05 karena uji dua sisi, maka nilai ἀ/2 = 0.05/2 =n 0.025. kemudian dicari ttabel pada table distribusi –t dengan ketentuan: db = n-2, db = 48-2 = 46 sehingga t(ἀ, db) = t (0.025, 46) = 2,021. Dalam hal ini berlaku ketentuan bahwa jika –ttabel ≤ thitung ≤ ttabel ( -2,021 ≤ 0.125 ≤ 2,021), maka H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqro’ dan Bagdadiyah pada peserta didik di SMPN 5 Duampanua Kabupaten Pinrang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Iqro’ Bagdadiyah, Kemampuan Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 08:55 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 08:55 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2249 |
Actions (login required)
View Item |