Natsir, Risna (2020) Efektifitas Bimbingan dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja pada Siswa SMP Negeri 3 Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
15.3200.056 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
15.3200.056 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
15.3200.056 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
15.3200.056 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
15.3200.056 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
15.3200.056 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
15.3200.056 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kenakalan remaja adalah perilaku yang mencerminkan adanya kesalahan dalam pola pendidikan baik itu pendidikan dirumah dan masyarakat maupun disekolah. Pada dasarnya, terjadinya kenakalan remaja menunjukan adanya ketidak disiplinan remaja terhadap aturan dan norma yang berlaku. Siswa yang memasuki masa remaja adalah suatu tahap kehidupan yang bersifat peralihan mulai dari masa kanak-kanak menuju dewasa, oleh sebab itu masa ini sering terjadi kegoncangan-kegoncangan sebagai akibat dari belum siapnya mereka menerima nilai-nilai baru dalam rangka mencapai kedewasan salah satu langkah dalam menanggulangi kenakalan remaja adalah dengan memberikan bimbingan konseling yang dapat meminimalisir bahkan mencegah terjadinya kenakalan yang lebih parah dan mengkhawatirkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk bimbingan dalam mengatasi kenakalan remaja pada siswa SMP Negeri 3 Enrekang, adapun tujuan lain yaitu untuk mengetahui sejauh mana efektifitas bimbingan yang diterapkan dalam menanggulangi kenakalan remaja pada siswa SMP Negeri 3 Enrekang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, karena metode penelitian deskriptif kualitatif memiliki asumsi yang sama dengan judul penulis. Hasil penelitian terkait Efektifitas bimbingan dalam menanggulangi kenakalan remaja pada siswa SMP Negeri 3 Enrekang. Bentuk Bimbingan untuk mengatasi kenakalan remaja pada siswa SMP Negeri 3 Enrekang dilakukan dengan dua metode bimbingan yaitu bimbingan kelompok dan bimbingan individual, disamping menerapkan kedua metode bimbingan tersebut guru BK di SMP Negeri 3 Enrekang juga memberikan berbagai tahapan dalam pemecahan masalah mulai dari memanggil siswa yang bermasalah hingga melakukan pertemuan antara guru dan orang tua siswa. Proses pelaksanaan metode bimbingan individual dan kelompok dalam mengatasi kenakalan remaja di SMP Negeri 3 Enrekang secara keseluruhan berjalan dengan efektif hal tersebut terlihat dengan adanya metode yang dilakukan seperti pemberian hukuman, pemberian nasehat dan pencerahan disamping itu penerapan konsep-konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Bimbingan, Kenakalan Remaja
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:21
Last Modified: 25 Mar 2021 02:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2236

Actions (login required)

View Item View Item