Muhtar, Zul (2020) Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Professionalism Guru di MTs DDI Al-Ihsan Kanang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.058 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.058 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.058 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.058 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.058 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.058 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.058 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepala madrasah merupakan pemimpin dalam madrasah yang memiliki wewenang serta peran dalam menjalankan roda organisasi yang ada di madrasah, untuk mencapai tujuan bersama serta mewujudkan visi misi madrasah. Dalam menjalankan peranannya, kepala madrasah selalu menjalin kerja sama yang baik dengan para guru yang ada di MTs DDI Al-Ihsan Kanang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru, faktor yang mendukung dan penghambat meningkatnya profesionalisme guru serta usaha yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam pemerataan profesionalisme guru dan peningkatan profesionalisme guru. Untuk mewujudkan tenaga pendidik yang berkualitas dan berkompeten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, model data (data display) dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian yang didapatkan selama penelitian berlangsung di MTs DDI Al-Ihsan Kanang bahwa peran peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs DDI Al-Ihsan Kanang yaitu kepala madrasah selalu memberikan arahan-arahan, motivasi serta nasehat kepada para guru mulai dari kedisiplinan, kode etik guru dan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Seperti, ikut dalam kegiatan pelatihan ataupun diklat untuk menunjang kualitas para guru di MTs DDI Al-Ihsan Kanang. Faktor pendukung peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu dengan adanya sarana dan prasarana yang yang mendukung para guru dalam meningkatkan prfesionalismenya, serta adanya layanan internet yang tersedia di madrasah. Faktor penghambat adalah masih ada guru yang kurang sadar akan tugasnya dan sifat kekeluargaan yang sulit untuk dihilangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah, Peningkatan Profesionalisme Guru
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:56
Last Modified: 22 Mar 2021 07:56
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item