Sahal, Sahal (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.073 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.073 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.073 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.073 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.073 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.073 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.073 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah model pembelajaran yang menitik beratkan pada kerja kelompok kecil, yang menggunakan dua jenis kelompok, yaitu kelompok pertamanya disebut kelompok asal dan kelompok bentukan keduanya disebut kelompok ahli. Motivasi belajar peserta didik adalah dorongan dari dalam diri atau luar diri peserta didik yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap motivasi belajar peserta didik dalam kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan desain kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak orang 44 dari 80 populasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan infrensial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran Aqidah Akhlak diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0.000 <  = 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran Aqidah Akhlak paling tinggi 75%. (2) Motivasi belajar peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0.000 ˂  = 0.05 maka H0 ditolak dan H1 ditterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare paling tinggi 75%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare, yang dibuktikan dengan nilai sig = 0.020 > α = 0.05. Selain itu dari output nilai R Square atau r2 = 0.121. nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran Aqidah Akhlak (X) motivasi belajar peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare (Y) sebesar 12.1% sedangkan 87.9% motivasi belajar peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Motivasi Belajar Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:56
Last Modified: 04 Mar 2021 03:56
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2193

Actions (login required)

View Item View Item