Hamdanah, Hamdanah (2017) Model Pembelajaran Virtual: Solusi Peningkatan Efektivitas Pembelajaran di Madrasah. TrustMedia Publishing, Parepare.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
Cover.jpg - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
Model Pembelajaran Virtual.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran Virtual yang dimaksud dalam buku ini adalah pembelajaran berbasis komputer berupa program pembelajaran yang menyajikan materi pelajaran sesuai kurikulum yang berlaku di madrasah yang meliputi aspek kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pelajaran berupa narasi audiovisual disertai animasi dan video, meliputi aspek penyajian materi pelajaran, latihan, tutorial, dril, rang¬kum¬an, dan uji kompetensi yang dapat dipelajari oleh peserta didik secara mandiri atau berkelompok kapan dan dimana saja, baik secara online maupun ofline sebelum dan saat pembelajaran di kelas. Model ini memiliki empat tahap kegiatan seperti berikut: Tahap pertama: Orientasi dan pre tes. Tahap kedua: Pembelajaran secara mandiri (1) Peserta didik membuka program pembelajaran virtual yang tersedia di komputer, lalu memilih madrasah (Ibtidaiyah,Tsanawiyah atau Aliyah), kelas, semester, mata pelajaran, dan topik yang akan dipelajari sesuai dengan kemajuan belajar peserta didik yang bersangkutan. (2) Peserta didik mempelajari topik yang dipilih secara individual/mandiri sebelum proses pembelajaran reguler berlangsung di kelas, dengan tidak terikat oleh waktu dan tempat. (3) Peserta didik mengerjakan soal-soal uji kompetensi yang tersedia. Tahap ketiga: Interaksi pembelajaran secara face to face di kelas (1) Peserta didik mengidentifikasi isi pesan pembelajaran yang belum dipahami secara tuntas dalam pembelajaran secara mandiri/ individual. (2) Peserta didik melakukan aktivitas bertanya jawab, mencoba, menalar, menyaji/mengkomunikasikan, dan atau mencipta untuk pendalaman isi/materi pelajaran. (3) Guru berperan sebagai mitra belajar, fasilitator, motivator, moderator, serta pemberi reward dan reinforcement pada waktu yang tepat kepada peserta didik. (4) Guru melakukan pengamatan dan penilaian terhadap unjuk kerja dan kemajuan belajar peserta didik. Tahap keempat: Pos tes dan tindak lanjut.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 07 Jun 2021 07:17
Last Modified: 07 Jun 2021 07:26
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item View Item