Hayana, Hayana (2021) Strategi Youtuber dalam Menentukan Opinion Leader pada Content Video Pandemi Covid-19. Masters thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
18.0231.001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Strategi Youtuber dalam Menentukan Opinion Leader pada Content Video Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana program content video youtuber saat pandemik covid-19 (2) bagaimana strategi youtuber dalam menentukan opinion leader. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh menggunakan pertanyaan kepada informan lalu data dianalisis dan ditelaah kemudian dibuat abstraksi dari semua hasil wawancara. Jumlah informan tiga orang dengan opinion leader yang berbeda-beda termasuk apakah hidden atau unhidden . pemilihan informan dalam penelitian kualitatif ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu cara penentuan informan yang ditetapkan secara sengaja atas dasar kriteria tertentu atau pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini, pemilihan informan didasarkan pada kriteria di antaranya jumlah subscriber, mengupload video saat pandemi Covid-19 dan memiliki opinion leader. Analisis data dengan data tematik yakni hasil temuan diproses berdasarkan tema-tema yang sesuai dengan kerangka pemikiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa youtuber memiliki berbagai program acara seperti music, vlog, podcast, tutorial. Hal ini tergantung kebutuhan dan passion youtuber. Hasil selanjutnya bahwa strategi youtuber dalam menentukan opinion leader terdapat dua skema alur, pertama youtuber mengenali terlebih dahulu ide konten yang akan dibuat lalu menemukan opinion leader dengan memperhatikan kriteria opinion leader seperti sumber daya tarik dan sumber kepercayaan. Kedua, youtuber menentukan opinion leader sebelum konten dibuat. Terpaan informasi yang didapatkan dari opinion leader akan menjadi referensi bahan munculnya ide konten. Selain itu, youtuber juga memperhatikan syarat yang dimiliki opinion leader seperti social perception, ability in abstrack thinking, emosional stability, public speaking dan action.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Youtuber, Opinion Leader, Content |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 07:10 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 07:10 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2142 |
Actions (login required)
View Item |