Nurdania, Nurdania (2020) Pengaruh Pemahaman Keagamaan dan Persepsi tentang Bank Syariah terhadap Keputusan Memilih Jasa Bank Syariah. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.0224.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah variabel pemahaman keagamaan dan variabel persepsi tentang Bank Syariah mempunyai pengaruh terhadap keputusan memilih jasa bank syariah Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan metode Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah 9.362 orang dan sampel yang diambil sebanyak 54 orang yang ditarik dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Metode yang digunakan dalam mengolah data adalah adalah Analisis korelasi antar variabel dan Analisis Statistik diantaranya: Uji Validitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji t, dan Uji F. Hasil penelitian ini adalah: (1) tidak ada pengaruh Pemahaman Keagamaan terhadap keputusan memilih jasa Bank Syariah dikonfirmasi pada table 59 Variable Pemahaman Keagamaan menunjukkan nilai t hitung dan t table (-1,441 < 1,675) atau signifikan 0,156 > 0,05. (2) Persepsi tentang Bank Syariah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan memilih jasa Bank Syariah terkonfirmasi pada table 59 nilai t hitung dan t table (6.121 > 1,675) atau signifikan 0.000 < 0.05. hal ini berarti ada pengaruh persepsi tentang Bank Syariah terhadap pengambilan keputusan memilih jasa Bank Syariah. (3) Pemahaman keagamaan dan persepsi tentang Bank Syariah secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan memilih jasa Bank Syariah, terkonfirmasi pada table 58 dalam model ANOVA dapat diperoleh f hitung sebesar 19,553 dengan tingkat signifikansi sebesar 5%, df1 = 2 dan df2 = 51 maka didapat nilai F table = 3,18. karena nilai F hitung (19,553) > nilai F table (3,18). Kemudian Hasil analisis data pada Tabel 60 dalam regresi sederhana diperoleh nilai R Square yaitu 0,434 atau jika diubah ke bentuk persen menjadi 43,4%. Hal ini berarti bahwa variable pemahaman keagamaan dan persepsi tentang Bank Syariah secara bersama-sama (simultan) memberi pengaruh terhadap keputusan memilih jasa Bank Syariah sebesar 43,4%. Sebanyak (100-43,4=56.6) 56,6% dipengaruhi oleh variable lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Kegamaan, Persepsi, Bank Syariah, Pengambilan Keputusan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 29 Jan 2021 08:36
Last Modified: 29 Jan 2021 08:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item