Nurfainnah, Nurfainnah (2019) Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Bagi Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Lambai Kec. Lambai Kab. Kolaka Utara. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1200.014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Motivasi merupakan suatu dorongan yang ada pada diri seseorang yang timbul baik dari diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar yang menyebabkan peserta didik tersebut terdorong atau bergerak untuk belajar bahasa Arab. Seorang guru yang frofesional harus mampu memberikan motivasi kepada peserta didik untuk meningkatkan minat belajar dalam mengikuti proses pembelajaran atas dasar di atas maka selayaknya seorang guru harus senantiasa menjadi penyemangat bagi peserta didik yang kurang minat dalam belajar, khususnya belajar bahasa Arab. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai pengaruh motivasi guru terhadap minat belajar bahasa Arab, bagaimana upaya guru untuk memotivasi peserta didiknya agar lebih berminat dalam belajar bahasa Arab, khususnya di MAN 1 Lambai Kec. Lambai Kab. Kolaka Utara. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif dan inferensial dengan menggunakan korelasi pearson product moment dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Motivasi Guru di MAN 1 Lambai berada pada kategori tinggi yaitu 80% yang dibuktikan dengan menganalisis angket dari 62 responden. (2) Minat belajar bahasa arab di MAN 1 Lambai berada pada pada kategori sedang yaitu 78% dari 62 responden. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi guru terhadap minat belajar bahasa Arab MAN 1 Lambai yang ditunjukkan dengan Fhitung (16,309) > Ftabel (4,00), dan konstribusi motivasi guru terhadap minat belajar bahasa Arab sebesar 21,3% sedangkan 78,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Guru, Minat Belajar Bahasa Arab
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Oct 2020 00:29
Last Modified: 02 Oct 2020 00:29
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1781

Actions (login required)

View Item View Item