Efendy, Rustan and Ramli, Nurleli and Rismal, Andi Muhammad and Tasbi, Amal (2020) New Reality sebagai Akibat Pandemi Global dan Tantangan di Era New Normal. In: Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal (Ragam Perspektif Praktisi Pendidikan). IAINPAREPARE Nusantara Press, Parepare, pp. 63-80. ISBN 9786236622100

[thumbnail of Full Text]
Preview
Text (Full Text)
Rustan Efendy, dkk.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

New reality sebagai sebuah transformasi pola kebiasaan hidup menuntut kita untuk berpikir imajinatif dalam bertindak dan keluar dari kebiasaan lama demi bertahan hidup mengikuti arus perkembangan industri 4.0. Kondisi Pandemi Covid-19 yang berdampak pada semua sektor kehidupan termasuk pendidikan, menuntut semua unsur penyelenggara pendidikan terutama guru dan peserta didik untuk bisa merubah pola pembelajaran luring menjadi daring dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai media dalam menghadapi era New Normal. Pembelajaran yang biasanya dilaksanakan dalam ruangan kelas, pada akhirnya mengharuskan guru untuk bisa mengelaborasi antara imajinatif dengan realitas. Membangun suasana pembelajaran interaktif yang dipadukan dengan berbagai konten menarik sehingga ada perpaduan antara kecerdasan otak kanan dengan kecerdasan otak kiri. Perpaduan yang memberikan manfaat positif bagi guru dan peserta didik karena bisa keluar dari belenggu proses pembelajaran yang hanya bersifat kontekstual kearah yang lebih aplikatif. Pembelajaran daring secara pesikologis membuat peserta didik berada pada suasana pembelajaran new reality dan memotivasi mereka untuk belajar karena ada beberapa fitur dan tampilan yang disugukan untuk dapat menstimulus daya imajinier mereka untuk berkreasi.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: New Reality, New Normal, Pembelajaran Daring
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Nurleli Ramli
Date Deposited: 15 Sep 2020 23:17
Last Modified: 15 Sep 2020 23:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item