Alfiyunita, Vina (2025) PERAN PEMBINA PESANTREN DALAM MEMBENTUK IDENTITAS KEISLAMAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN IUJ DDI LERANG-LERANG. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text (full text)
2120203869201005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Peran Pembina Pesantren Dalam Membentuk Identitas Keislaman Santri Di Pondok Pesantren IUJ DDI Lerang-Lerang. (Dibimbing Oleh Prof. Dr. Sitti Jamilah Amin, S.Ag, M.Ag.) Penelitian ini menjelaskan tentang pesantren sebagai Institusi Pendidikan Keislaman Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan yang memiliki sejarah panjang dan signifikan dalam konteks pendidikan di Indonesia. Dalam proses ini, peran pembina pesantren menjadi sangat penting, karena merekalah yang menjadi panutan sekaligus pengarah bagi para santri dalam perjalanan mereka mendalami Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Jenis penelitian fenomenologi dimana penelitian ini mengkaji pengalaman subjektif santri terkait pembentukan identitas keislaman yang dipengaruhi oleh pembina pesantren, dan juga Validasi informan penelitian ini dilakukan dengan tahapan menggunakan software Nvivo 15 plus, yang kemudian akan ditelaah melalui analisis Teori Peran di Pondok Pesantren IUJ DDI Lerang-Lerang.Pembina pesantren di Pondok Pesantren IUJ DDI Lerang-Lerang berperan sentral dalam membentuk identitas keislaman santri. Peran mereka tidak hanya sebatas mengajar, melainkan juga membimbing moral dan spiritual. Hasil penelitian ini yaitu peran pembina pesantren di IUJ DDI Lerang-Lerang sangat kompleks dan menyeluruh. Mereka menggunakan berbagai metode dalam membentuk identitas keislaman santri melalui proses pembinaan yang terstruktur, berkelanjutan, dan holistik. Identitas ini mencakup tiga komponen utama: akidah (keyakinan), syariah (ibadah dan hukum), dan akhlak (perilaku). Pembina secara aktif menanamkan nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan ibadah, pengajaran kitab, kegiatan tahfiz, penguatan akhlak, serta pendekatan spiritual dan sosial yang menyentuh seluruh aspek kehidupan santri.. Dengan peran yang menyeluruh ini, teori peran Soerjono Soekanto menunjukkan bahwa pembina berhasil menjalankan berbagai peran dalam konteks Pondok Pesantren di IUJ DDI Lerang-lerang
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peran Pembina, Identitas Keislaman, Teori Peran |
| Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Sosiologi Agama |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 01:04 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 01:04 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/12015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
