ANDIKA, WAHYU (2025) Strategi Pemasaran Bank Muamalat Indonesia Tbk. KC Parepare dalam Menyediakan Fasilitas Pembiayaan Haji Bagi Masyarakat. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
2120203861206054.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Bank Muamalat Indonesia Cabang Parepare berperan penting dalam memperluas akses pembiayaan haji bagi masyarakat yang mayoritas beragama Islam. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang belum memahami konsep keuangan syariah, sehingga dibutuhkan strategi promosi yang mampu memberikan edukasi secara jelas untuk menarik minat masyarakat menggunakan layanan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran bank muamalat dalam menyediakan fasilitas pembiayaan haji, pandangan masyarakat tentang adanya bank muamalat dan pembiayaan haji, serta kendala yang di alami oleh bank muamalat dalam memasarkan produk pembiayaan haji. Penelitian ini menerapkan metodologi kualitatif, dengan pengumpulan informasi dilakukan melalui tiga cara utama yaitu wawancara intensif, pengamatan langsung, dan telaah dokumen terkait Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pemasaran yang di gunakan yaitu segmentasi pasar atau target dan temat, promosi, produk, harga, pelayanan bukti fisik dan kerja sama instansi. 2) Respons dan Persepsi masyarakat mengenai bank muamalat, sebagian masyarakat masih bingung dengan konsep syariah dan membandingkan dengan bank konvensional. Masyarakat kelas menengah ke bawah merasa terbantu dengan adanya pembiayaan ini. Namun, ada kekhawatiran terkait beban cicilan yang bisa memengaruhi kebutuhan rumah tangga. 3) kendala yang di hadapi dalam memasarkan produk pembiayaan haji tantangan utamanya yaitu rendahnya kesadaran masyarakat dan masih adanya preferensi terhadap bank konvensional. Dampak Strategi. 1) Bagi masyarakat dapat lebih cepat mendaftar porsi haji. 2) Bagi bank memperoleh margin dari pembiayaan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | strategi pemasaran, pembiayaan haji, marketing mix 7p |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 07:00 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 07:00 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11981 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
