AKINA, AKINA (2025) PENGEMBANGAN WEBSITE TRACER STUDY DALAM MENINGKATKAN MUTU PROFIL LULUSAN DI SMKN 3 BARRU.

[thumbnail of JURNAL 2120203886231006.pdf] Text
JURNAL 2120203886231006.pdf

Download (8MB)

Abstract

novasi Website Tracer study untuk Meningkatkan Partisipasi Alumni dan Mutu Profil Lulusan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website tracer study yang valid, praktis, dan efektif di SMK Negeri 3 Barru guna mendukung peningkatan mutu profil lulusan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, sementara kepraktisan dan keefektifan diuji melalui angket kepada tim pengelola tracer study, admin tracer study, dan alumni. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, dan angket, dengan analisis data secara kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website tracer study pada kategori valid (92,3%), sangat praktis menurut tim pengelola (84,5%), praktis menurut alumni (80,6%), efektif menurut admin (86%), dan efektif menurut alumni (80,4%). Temuan ini menunjukkan bahwa website tracer study yang dikembangkan layak digunakan untuk berkontribusi dalam meningkatkan efektivitas pelaporan tracer study. Selain mempermudah pelacakan alumni, website ini juga memberikan manfaat strategis melalui fitur tambahan seperti lowongan kerja, form alumni digital, dan informasi profil lulusan yang dapat mendukung partisipasi aktif alumni serta memudahkan pengambilan keputusan dalam peningkatan mutu pendidikan vokasi khususnya di SMKN 3 Barru.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Website, Tracer study, pengembangan, mutu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 18 Dec 2025 08:33
Last Modified: 18 Dec 2025 08:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11910

Actions (login required)

View Item View Item