Salwa, Salwa (2025) Strategi Pemasaran Produk Mitraguna BSI KCP Pinrang dalam Meningkatkan Minat Pembelian pada PNS di Kabupaten Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
2120203861206115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Pinrang belum mengenal produk Mitraguna BSI, baik dari sisi konsep, mekanisme kerja, maupun manfaatnya. Rendahnya literasi keuangan syariah, minimnya promosi yang sesuai kebutuhan PNS, serta belum adanya pendekatan pemasaran yang intensif menyebabkan mereka cenderung memilih lembaga pembiayaan lain yang lebih familiar. Selain itu, persyaratan pengajuan yang cukup kompleks, seperti keharusan masuk payroll BSI, turut menjadi hambatan. Kondisi ini menimbulkan kesenjangan antara potensi pasar dan realisasi pemasaran produk Mitraguna. Penelitian ini bertujuan menganalisis, mengidentifikasi dan mengkaji factor yang mempengaruhi dan mengevaluasi strategi pemasaran yang diterapkan Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Pinrang dalam meningkatkan minat pembelian pada PNS. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian inu menggunakan pendekatan strategi pemasaran dari sudut pandang produsen (BSI), namun tetap mempertimbangkan respon dan preferensi konsumen (PNS) sebagai sasaran pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran BSI KCP Pinrang menekankan pada kualitas dan manfaat produk, harga yang terjangkau, lokasi strategis, serta promosi langsung untuk memperkenalkan keunggulan Mitraguna. Pelayanan ramah, fasilitas lengkap, serta proses pembiayaan yang cepat dan transparan turut memberikan kenyamanan bagi nasabah. Namun, tantangan masih ditemui, antara lain kurangnya pemahaman PNS terhadap produk Syariah serta pengaruh eksternal berupa rekomendasi rekan kerja dan penawaran Lembaga pembiayaan lain dengan biaya lebih kompetitif. Strategi pemasaran BSI KCP Pinrang dalam meningkatkan minat pembelian produk Mitraguna berlandaskan perspektif Syariah, yang tidak hanya berorientasi pada peningkatan penjualan, tetapi juga menekankan prinsip menghindari riba, gharar, maysir, serta aktivitas yang mencurigakan. Strategi ini bertujuan membangun kepercayaan, loyalitas, dan kenyamanan bagi PNS dalam memperoleh pembiayaan yang halal dan berkah.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran, Produk Mitraguna, Minat Pembelian, PNS, BSI KCP Pinrang. |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 07:10 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 07:10 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
