Samad, Ahmad (2025) INTEGRASI NILAI-NILAI QUR’ANI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
AHMAD SAMAD-19.1600.041.pdf Download (10MB) |
Abstract
Ahmad Samad. Integrasi Nilai-Nilai Qur‟ani Pada Pembelajaran Matematika (dibimbing oleh Buhaerah dan Herlan Sanjaya) Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh integrasi nilai-nilai Qur‘ani dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Menggunakan desain pre-eksperimen dengan pre-test dan post-test, penelitian ini melibatkan 31 siswa yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai Qur‘ani. Uji Wilcoxon Signed-Rank digunakan untuk menganalisis data karena hasil uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan antara skor pre-test dan post-test dengan nilai p = 0.000 (< 0.05), yang berarti pengintegrasian nilai-nilai Qur‘ani berdampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Temuan ini didukung oleh teori konstruktivisme dan motivasi intrinsik, yang menyatakan bahwa keterkaitan materi dengan nilai-nilai siswa dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai Qur‘ani tidak hanya meningkatkan capaian akademik, tetapi juga membentuk karakter dan motivasi siswa. Implikasinya, pendekatan ini dapat menjadi strategi efektif dalam pembelajaran matematika dan berpotensi diterapkan pada mata pelajaran lain untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan holistik.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Integrasi, Nilai-Nilai Qur‟ani, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 04:21 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 04:21 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
