Rika, Rika (2025) FEKTIVITAS MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SD NEGERI 267 PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2120203884202015.pdf] Text
2120203884202015.pdf

Download (12MB)

Abstract

RIKA. Efektivitas Media Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V UPT SD Negeri 267 Pinrang (dibimbing oleh Muhammad Ahsan). Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan, peserta didik kelas V UPT SD Negeri 267 Pinrang masih belum mahir mengenai materi tersebut. Hal ini dikarenakan guru kurang menerapkan media yang menarik dalam proses pembelajaran, yang menyebabkan peserta didik bosan dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V UPT SD Negeri 267 Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah pre-experimental design dengan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data hasil belajar dengan cara tes, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif, uji normalitas, uji hipotesis dan pengolahan data hasil observasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar postest adalah 73,53 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar pretest yaitu 41,41. Uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-test, menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,001 yang artinya sig (2-tailed) atau 0,001 , maka ditolak dan diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Puzzle, Hasil Belajar, Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 17 Dec 2025 04:11
Last Modified: 17 Dec 2025 04:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11791

Actions (login required)

View Item View Item