Fiki, Fiki (2025) EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA DALAM BUDAYA “MACELLENG-CELLENG” YANG TERINTEGRASI NILAI ISLAM PADA SUKU BUGIS PANGKEP. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2120203884202012.pdf] Text
2120203884202012.pdf

Download (6MB)

Abstract

FIKI, Ekplorasi Konsep Matematika dalam Budaya Macelleng-celleng yang Terintegrasi Nilai Islam pada Suku Bugis Pangkep (Dibimbing oleh Bapak Herlan Sanjaya). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terkandung dalam budaya “macelleng-celleng” pada suku Bugis di Kabupaten Pangkep serta mengaitkannya dengan nilai-nilai Islam. Budaya macelleng-celleng merupakan rangkaian prosesi adat pernikahan yang melibatkan beberapa kegiatan seperti pattimpe tange (pembuka pintu), madempe’ (melempar barang), konvoi, dan menangkap barang. Meskipun bersifat tradisional, setiap kegiatan tersebut mengandung unsur matematika seperti bilangan, operasi hitung, pengukuran waktu dan jarak, peluang, statistika dasar, hingga konsep himpunan dan geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pelaku budaya dan masyarakat lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya macelleng-celleng dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran kontekstual melalui pendekatan etnomatematika yang mengaitkan antara budaya lokal dan pembelajaran matematika. Selain itu, tradisi ini juga mengandung nilai-nilai Islam, seperti pentingnya niat baik, saling menghargai, serta menghindari perilaku yang bertentangan dengan syariat, seperti membuang makanan atau membuat kegaduhan pada malam hari. Dengan demikian, eksplorasi budaya lokal seperti macelleng-celleng tidak hanya memperkaya pembelajaran matematika, tetapi juga menanamkan karakter dan nilai-nilai religius kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Macelleng-Celleng, Budaya Bugis, Nilai Islam, Pembelajaran Kontekstual
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 17 Dec 2025 04:02
Last Modified: 17 Dec 2025 04:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item View Item