Nurliana, Nurliana (2024) IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA JENJANG SEKOLAH DASAR UPTD SD NEGERI 49 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203884202024.pdf] Text
2020203884202024.pdf

Download (7MB)

Abstract

Nurliana. Implementasi Etnomatematika melalui Permainan Tradisional Kelereng dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar UPTD SD Negeri 49 Parepare (dibimbing oleh Bapak Andi Aras dan Ibu Azmidar). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika berbasis etnomatematika melalui permainan tradisional kelereng dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VI UPTD SD Negeri 49 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan dilakukan dengan cara kolaboratif. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan tes kemampuan pemahaman matematis siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa analisis lembar observasi dan hasil tes kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan dari hasil tes kemampuan pemahaman matematis diperoleh siswa yang mencapai KKM pada pre-test sebesar 53,75% dan post-test sebesar 81,20%. Kemudian kategori tingkat kemampuan pemahaman matematis diperoleh siswa yang mencapai kategori tinggi yaitu, pre-test 10% dan meningkat pada post-test menjadi 100%. Selanjutnya dari hasil observasi, Siklus I aktivitas siswa pada kategori cukup persentase 64,06% dan meningkat pada Siklus II menjadi kategori sangat baik persentase 85,93%. Kemudian aktivitas guru Siklus I, pada kategori baik persentase 79,76% dan pada Siklus II, meningkat menjadi kategori sangat baik persentase 90,47%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui permainan tradisonal kelereng dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VI UPTD SD Negeri 49 Parepare.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:19
Last Modified: 17 Dec 2025 03:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item