Rahmi, Nur Harida (2024) REPRESENTASI VISUAL MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII MTs DARUL IMAN MAMMI. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203884202004.pdf] Text
2020203884202004.pdf

Download (8MB)

Abstract

Nur Harida Rahmi. Representasi Visual Materi Pecahan untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII MTs Darul Iman Mammi (dibimbing oleh bapak Buhaerah dan Andi Aras) Penelitian ini bertujuan untuk memvisualisasi materi pecahan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada materi pecahan, yaitu dengan merepresentasi visual materi pecahan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi yang disampaikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang lebih dikenal dengan Classroom Action Research, yaitu suatu pencermatan terhadap aktivitas belajar berupa suatu tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Tindakan ini dilakukan oleh guru atau dengan arahan dari guru yang dilakukan oleh siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Efektivitas Visualisasi dalam Pembelajaran Pecahan Penggunaan diagram lingkaran dan batang terbukti sangat membantu siswa kelas VII dalam memahami konsep pecahan sebagai bagian dari keseluruhan dan dalam membandingkan nilai antarpecahan. 2. Kemampuan kognitif siswa kelas VII MTs Darul Iman Mammi dalam memahami konsep pecahan menunjukkan variasi yang signifikan. Penguasaan aspek-aspek penting seperti pemahaman dasar pecahan, representasi visual, penerapan pecahan dalam konteks nyata, perbandingan dan penyederhanaan pecahan, serta operasi aritmatika pada pecahan menunjukkan adanya peningkatan bertahap dari tes awal hingga Siklus II. 3. Penggunaan visualisasi dalam pembelajaran telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Media visual membantu memperjelas konsep abstrak, seperti materi pecahan dalam matematika, yang sering dianggap sulit. Visualisasi mendukung siswa dalam memahami dan mengaitkan konsep, memecahkan masalah secara analitis, serta berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: epresentasi visual, pecahan, kemampuan kognitif
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:01
Last Modified: 17 Dec 2025 02:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item