Firman, Sidar (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HALAQAH UNTUK MEMAHAMKAN MATERI ALJABAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SISWA UPTD SMP NEGERI 9 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1600.023.pdf] Text
19.1600.023.pdf

Download (9MB)

Abstract

Sidar Firman. Penerapan Metode Pembelajaran Halaqah untuk Memahamkan Materi Aljabar Berbasis Etnnomatematika pada Siswa UPTD SMP Negeri 9 Parepare (dibimbing oleh Muhammad Ahsan, M.Si dan Zulfiqar Busrah, M.Si). Pemahaman materi aljabar merupakan salah satu materi yang harus dikuasai dalam pembelajaran matematika. Selain itu, Aljabar juga digunakan untuk memecahkan masalah sehari-hari. Salah satu metode pembelajaran yang dinilai relevan dalam pemahaman materi aljabar adalah metode pembelajaran halaqah dengan pemahaman materi aljabar berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman materi aljabar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan setelah diberi perlakuan (treatment) siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 9 Parepare. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran halaqah dengan materi aljabar berbasis etnomatematika terhadap pemahaman materi aljabar siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 9 Parepare. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman materi aljabar siswa yang menggunakan metode halaqah lebih baik dibandingkan dengan pemahaman materi aljabar siswa yang menggunakan metode konvensional dapat dilihat dari nilai posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai posttest tertinggi pada kelas eksperimen adalah 95 dengan nilai rata-rata 79,82 dan nilai posttest tertinggi pada kelas kontrol adalah 65 dengan nilai rata-rata 40,71. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman materi aljabar siswa yang menggunakan metode halaqah lebih baik dibandingkan dengan pemahaman materi aljabar siswa yang menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Halaqah, Pemahaman Materi Aljabar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:53
Last Modified: 17 Dec 2025 01:53
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11773

Actions (login required)

View Item View Item