Azizah, Fitrah (2023) ROBLEMATIKA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII UPT SMPN 2 BATULAPPA. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1600.027-FITRAH AZIZAH.pdf] Text
18.1600.027-FITRAH AZIZAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fitrah Azizah. Problematika Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aljabar ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII UPT SMP Negeri 2 Batulappa (dibimbing oleh Muhammad Ahsan dan Buhaerah) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematika menurut polya pada materi aljabar yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari sekolah dasar, untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, inovatif dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan dimana siswa mampu merancang pemecahan masalah untuk mencapai tujuan, juga memerlukan kesiapan, kreativitas, pengetahuan serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari- hari. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian mixed metode dengan menggunakan model explanatory sequential design. Adapun sumber data diperoleh secara langsung berupa observasi dengan pemberian kuesioner, dan tes evaluasi pada peserta didik kelas VII.2 di UPT SMPN 2 Batulappa. Setelah pemberian tes maka peneliti memilih subjek untuk di wawancara. Adapun kriteria dalam menentukan subjek penelitian yaitu perwakilan siswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda kemudian dari gaya belajar tersebut ditingkatkan berdasarkan kempuan siswa dalam memecahkan masalah. Teknik analisis data yang digunakan dalam data kuantitatif adalah statistik deskriptif, sedangkan data kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Siswa dengan gaya belajar Visual memiliki problematika pemecehan masalah pada tahap memeriksa kembali dengan gaya belajar visual ini seringkali merasa yakin dengan jawaban yang di peroleh tanpa memeriksa kembali. Siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki problematika pada tahap menentukan rencana penyelesaian dimana subjek auditorial kurang mampu mengingat konsep ataupun aturan-aturan matematika yang sesuai dengan masalah yang disajikan dan tidak mengerti strategi yang digunakan pada masalah tertentu. Sedangkan Siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki problematika pada tahap menentukan rencana penyelesaian yaitu mengalami kesulitan dalam meningat konsep dan memeriksa kembalidikarenakan dari pemahaman awal siswa terhadap masalah telah kabur dan mengalami keraguan dalam menyelesaikan masalah maka siswa tidak ingin memeriksa kembali, baik secara obyek matematika langsung maupun tak langsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:43
Last Modified: 17 Dec 2025 01:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11768

Actions (login required)

View Item View Item