MIADY, CATTERINE FRESSA (2023) PROSES MEMAHAMI KONSEP MATEMATIS PADA MATERI PELUANG SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 PATAMPANUA. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
18.1600.020.pdf Download (6MB) |
Abstract
CATTERINE FRESSA MIADY. Proses Memahami Konsep Matematis pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Patampanua. (Dibimbing oleh Buhaerah dan Andi Aras). Mempelajari materi peluang membutuhkan kombinasi pemikiran logis dan pengalaman dunia nyata. Tujuan penelitian deskriptif kualitatif ini adalah untuk mendeskripsikan cara berpikir siswa berdasarkan hasil penelitian terhadap proses pemahaman konsep peluang pada siswa SMP. Subyek terdiri dari 26 siswa SMP VIII.IV dengan tingkat pemahaman yang berbeda-beda, tinggi, sedang dan rendah. Instrumen utama penelitian adalah peneliti, didukung dengan alat berupa tiga soal pengetahuan matematika dan petunjuk wawancara. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan indikator pemahaman konsep menurut Bloom, yaitu indikator translasi, indikator interpretasi, dan indikator ekstrapolasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kemampuan pemahaman yang tinggi dan sedang memiliki kemampuan yang sangat baik terhadap 3 indikator. Sedangkan untuk siswa yang tingkat kemampuan pemahaman yang rendah memiliki tingkat yang baik pada indikator interpretasi, sedangkan pada indikator translasi dan esktrapolasi siswa memiliki tingkat yang rendah.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Peluang. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 01:38 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 01:38 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
