Ahmad, Ahmad (2025) ENGEMBANGAN MEDIA POSTER BERBASIS QR CODE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1600.009.pdf] Text
18.1600.009.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ahmad. Pengembangan Media Poster Berbasis QR Code (dibimbing oleh Buhaerah dan Andi Aras). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran poster berbasis QR code dan mengevaluasi apakah media ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, disseminate). Uji coba produk dilakukan terhadap 15 siswa Kelas XI A1 MAN 2 Parepare. Metode pengumpulan data meliputi angket validasi, angket latihan, tes hasil belajar, observasi aktivitas, angket respon siswa, angket kepraktisan, dan lain-lain. Hasil temuan menunjukkan bahwa tingkat validitas media berdasarkan verifikasi ahli media berada pada standar “sangat valid”, ​​dan verifikasi ahli materi berada pada standar “valid”. Respon kepraktisan siswa pada percobaan kelompok kecil dan percobaan kelompok besar berada pada kriteria “sangat praktis”. Keterampilan media guru juga dinilai “sangat praktis”. Berdasarkan hasil tes hasil belajar siswa, efektivitas media dinilai “sedang”, aktivitas siswa “sangat baik”, dan reaksi siswa pada kedua kelompok eksperimen “sangat positif”. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran poster berbasis QR code pada pembelajaran matematika dinilai berkualitas dan memenuhi kriteria relevansi, kepraktisan, dan efektivitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media, Pengembangan, Penelitian, Poster, QR Code
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:33
Last Modified: 17 Dec 2025 01:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11765

Actions (login required)

View Item View Item